Knapsack Problem adalah suatu masalah bagaimana cara menentukan pemilihan
barang dari sekumpulan barang di mana setiap barang tersebut mempunyai berat
dan profit masing masing, sehingga dari pemilihan barang tersebut didapatkan
profit yang maksimum.
Knapsack Problem bisa kita gambarkan, misalnya kita mempunyai sebuah kantong
atau tas dengan kapasitas tertentu sedangkan dihadapan kita terdapat begitu
banyak pilihan barang, maka kita harus memilih barang mana saja yang kira-kira
akan kita angkut sesuai kapasitas kantong yang kita miliki supaya kita bisa
mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya atau maksimal.
Dalam menghadapi masalah di atas, metode Greedy memiliki 3 pilihan strategi pengangkutan, yaitu:
- Greedy by Profit, strategi ini mengharapkan keuntungan maksimal dengan cara memasukan barang atau objek dengan nilai keuntungan terbesar terlebih dahulu ke dalam kantong atau knapsack. Jadi strategi ini hanya mempertimbangkan jumlah keuntungan dari sekumpulan barang, dengan catatan berat barang yang akan dibawa tidak melebihi kapasitas kantong yang kita miliki.
- Greedy by weight, pada strategi ini kita berusaha memasukan barang sebanyak-banyaknya kedalam kantong, jadi barang atau objek yang dimasukan terlebih dahulu adalah barang dengan bobot paling ringan terlebih dahulu, dengan harapan dengan banyaknya barang atau objek yang terangkut kita bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
- Greedy by density, strategi ini mengharapkan keuntungan sbesar-besarnya dengan memasukan barang yang memiliki keuntungan per unit terbesar (Pi/Wi) terlebih dahulu kedalam kantong.
Contoh 1 :
Seorang
pencuri ingin mencuri perhiasan di sebuah toko perhiasan, di toko tersebut perhiasan-perhiasan
itu ditempatkan pada 4 buah kotak, setiap kotak perhiasan memiliki bobot
perhiasan berbeda-beda(w₁=3, w₂=5, w3=6, w4=10) dan memiliki
keuntungan berbeda-beda(p1=15, p2=25, p3=24, p4=50)
tetapi pencuri itu hanya membawa sebuah tas yang hanya bisa menampung maksimal
(Wmax=20). Bagaimana caranya pencuri itu dalam mengambil
perhiasan-perhiasan tersebut dengan mempertimbangkan keuntungan maksimal yang
dapat diperoleh.
Properti objek
|
Greedy by
|
Solusi
Optimal
|
|||||
i
|
wi
|
pi
|
Pi/wi
|
profit
|
weight
|
density
|
|
1
|
3
|
15
|
5
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
5
|
25
|
5
|
1
|
0
|
1
|
1
|
3
|
6
|
24
|
4
|
0
|
1
|
0
|
0
|
4
|
10
|
50
|
5
|
1
|
1
|
1
|
1
|
Total Bobot
|
18
|
19
|
18
|
18
|
|||
Total Keuntungan
|
90
|
89
|
90
|
90
|
nb:
-> 1 menandakan barang dimasukan
-> 0 menandakan barang tidak dimasukan
-> pada bagian "profit" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati keuntungan maksimal
-> pada bagian " weight" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati beban maksimal
-> pada bagian " density" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati harga keuntungan per-unit barang maksimal.
-> 1 menandakan barang dimasukan
-> 0 menandakan barang tidak dimasukan
-> pada bagian "profit" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati keuntungan maksimal
-> pada bagian " weight" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati beban maksimal
-> pada bagian " density" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati harga keuntungan per-unit barang maksimal.
Contoh
2 :
Seseorang penjual memiliki
lima buah tempat sayuran yang isinya memiliki bobot berbeda(w1=2, w2=4,
w3=5, w4=3, w5=7) dan harga yang tentunya
berbeda pula(p1=12, p2=8, p3=15, p4=12,
p5=14). Ia ingin menjual sayuran dengan berbagai macam sayuran berbeda
dalam satu buah kantung yang bisa menampung beban maksimal(Wmax=12).
Bagaimana penjual itu mengatur nya agar penjual itu bisa mendapat keuntungan
maksimal.
Properti objek
|
Greedy by
|
Solusi
Optimal
|
|||||
i
|
wi
|
pi
|
Pi/wi
|
profit
|
weight
|
density
|
|
1
|
2
|
12
|
6
|
1
|
0
|
1
|
1
|
2
|
4
|
8
|
2
|
0
|
0
|
0
|
0
|
3
|
5
|
15
|
3
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
3
|
12
|
4
|
1
|
0
|
1
|
1
|
5
|
7
|
14
|
2
|
0
|
1
|
0
|
0
|
Total Bobot
|
10
|
12
|
10
|
10
|
|||
Total Keuntungan
|
39
|
29
|
39
|
39
|
nb:
-> 1 menandakan barang dimasukan
-> 0 menandakan barang tidak dimasukan
-> pada bagian "profit" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati keuntungan maksimal
-> pada bagian " weight" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati beban maksimal
-> pada bagian " density" utamakan memasukan jumlah barang agar mendekati harga keuntungan per-unit barang maksimal.
Referensi :
Las Vegas: Casino, Dining, Entertainment, Music, Arts
ReplyDeleteCasino, Dining, 사천 출장샵 Entertainment, Music, Arts & Entertainment, Las Vegas, United 거제 출장마사지 States of 창원 출장샵 America. Get a free hotel 과천 출장안마 stay at the best 의왕 출장샵 Las Vegas casino